Jelang Mudik Lebaran Dishub Ciamis Lakukan Cek Fisik Kepada Setiap Supir Bus

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

SIDAMULYANEWS - Guna memastikan sopir dalam kondisi sehat selama arus mudik Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, BNNK dan kepolisian, mengadakan pemeriksaan kesehatan terhadap sejumlah sopir bus di Terminal Ciamis, Jawa Barat, Rabu (06/06/2018).
Salah seorang sopir bus tengah menjalani tes kesehatan.
Sekretaris Dishub Kabupaten Ciamis, Eddy Yulianto, mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama mengangkut pemudik, seperti kecelakaan. Karena, faktor human error merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

“Sopir bus yang dites kesehatannya itu adalah mereka yang membawa armada Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Setiap sopir bus yang baru datang di Terminal Ciamis langsung melakukan tes, diantaranya tes tekanan darah serta tes kesehatan umum lainnya. Setelah dinyatakan sehat, baru mereka dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan,” terang Eddy.

Pihaknya pun akan memperingatkan sang sopir apabila kondisinya kurang sehat akibat kurang istirahat, agar menggantinya oleh sopir lain atau cadangan yang kondisinya benar-benar sehat.

Eddy juga menegaskan, bahwa keselamatan di jalan sudah menjadi tanggungjawab bersama. Jadi, sudah seharusnya para awak angkutan untuk selalu menjaga kondisi kesehatannya. Pihak perusahaan otobus pun harus ikut memperhatikan kesehatan para sopirnya.

“Selain itu, pastikan juga kondisi kendaraan laik jalan. Sebelum berangkat, minimal periksa kondisi rem utama, lampu, wiper, speedometer, serta kelengkapan kendaraan lainnya. Pastikan pula sang sopir tidak dalam pengaruh obat-obatan,” tandas Eddy.

Tes kesehatan ini akan terus dilaksanakan Dishub Kabupaten Ciamis, bersama Dinkes, BNNK dan pihak kepolisian, terutama saat memasuki H-7 Lebaran. (RED)
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "Jelang Mudik Lebaran Dishub Ciamis Lakukan Cek Fisik Kepada Setiap Supir Bus"

Posting Komentar