Inilah Bentuk Penghargaan Adipura Kepada Kota Banjar Ke 6

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

Kota Banjar kembali mendapatkan Penghargaan Adipura untuk yang ke-enam kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kategori kota kecil, Penghargaan tersebut diterima oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih dari Wakil Presiden RI, HM. Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, di Auditorium Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia-Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.
Menteri LHK menyebutkan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan Adipura untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi kota bersih dan teduh. Periode 2017-2018 ini anugerah Adipura diberikan kepada 369 kabupaten dan kota yang dinilai dari 512 kabupaten dan kota. Satu Kota Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat, 5 Plakat Adipura, 11 Penghargaan Inovasi Pembatasan Kantong Plastik, dan ada pula Nirwasita Tantra Award Green Leadership 2018 untuk tiga Gubernur, tiga Bupati dan tiga Wali Kota.

Program Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, implementasi kebijakan persampahan dan implementasi kebijakan penghijauan, dengan salah satu kriteria penilaian anugerah Adipura yaitu implementasi amanat UU nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen pada 2025 serta mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu ke hilir.

Wali Kota Banjar, sangat bersyukur atas penghargaan tersebut, juga bangga pada warganya yang mendukung upaya pemerintah menjaga lingkungan. Menurut beliau penghargaan Adipura yang diperoleh Kota Banjar ini merupakan peran seluruh komponen, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. “Alhamdulillah kita kembali memperoleh anugerah Adipura untuk yang ke-enam kalinya, semua berkat upaya kita semua,” ujarnya.

Kadis Lingkungan Hidup mengatakan bahwa kekompakan seluruh OPD dan masyarakat dalam memelihara lingkungan berperan dalam keberhasilan memperoleh anugerah Adipura. “Tidak hanya Dinas Lingkungan Hidup, namun juga dinas lainnya, termasuk kecamatan, kelurahan, desa bahkan masyarakat turut andil dalam keberhasilan ini,” tambahnya. Rencananya, piala Adipura akan diarak mengelilingi Kota Banjar bersama dengan para petugas kebersihan. Kesadaran dan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kota Banjar, itulah tugas kita bersama, Pemkot Banjar dan seluruh elemen masyarakat Kota Banjar,” pesannya.
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "Inilah Bentuk Penghargaan Adipura Kepada Kota Banjar Ke 6"

Posting Komentar