Sepak Terjang Rocky Gerung di Politik, Ini Gaya Pemikiran + Karier !

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

Rocky Gerung (lahir di Manado, Sulawesi Utara, 20 Januari 1959; umur 59 tahun) adalah seorang filsuf, akademisi dan intelektual publik Indonesia. Ia merupakan salah satu pendiri Institut SETARA, sebuah lembaga pemikir demokrasi dan hak asasi; peneliti di Perhimpunan Pendidikan Demokrasi; dan pernah mengajar secara tidak tetap di Departemen Ilmu Filsafat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Kehidupan dan karier
Rocky mulai berkuliah di Universitas Indonesia pada tahun 1979. Ia pertama kali masuk ke jurusan ilmu politik, yang saat itu tergabung dalam Fakultas Ilmu-ilmu Sosial, sebelum memutuskan pindah ke jurusan ilmu filsafat dan lulus pada tahun 1986. Pada saat kuliah, Rocky dekat dengan para pentolan berhaluan sosialis seperti Marsillam Simanjuntak, Hariman Siregar, dan lain-lain.

Setelah lulus, Rocky mengajar di jurusan itu sebagai dosen tidak tetap bergelar sarjana hingga awal tahun 2015, disebabkan keluarnya UU No. 14 tahun 2005 yang mensyaratkan seorang dosen harus minimal bergelar magister. Rocky tercatat mengampu mata-mata kuliah seperti Seminar Teori Keadilan, Filsafat Politik, dan Metode Penelitian Filsafat, mengajar di program-program pascasarjana, serta menjadi dosen pembimbing untuk aktris Dian Sastrowardoyo.

Bersama tokoh-tokoh seperti Abdurrahman Wahid dan Azyumardi Azra, Rocky merupakan salah satu pendiri Institut SETARA, sebuah lembaga pemikir nonpemerintah yang bergerak di bidang demokrasi dan hak asasi manusia, pada tahun 2005.

Pemikiran
Sebagai seorang akademisi, salah satu bidang spesialisasi Rocky adalah filsafat feminisme; ia banyak menulis di Jurnal Perempuan, sebuah terbitan ilmiah yang dikelola oleh Yayasan Jurnal Perempuan dan didirikan oleh Gadis Arivia, koleganya di Universitas Indonesia.

Karya

Buku:

  • Saraswati, L. G., dan Rocky Gerung. Hak Asasi Manusia: Teori, Hukum, Kasus. Filsafat UI Press, 2006.
  • Fay, Brian, Rocky Gerung, dan Budi Murdono. Teori Sosial dan Praktek Politik. Grafiti, 1991.

Jurnal:

  • Gerung, Rocky. "Pluralisme dan Konsekwensinya: Catatan Kaki untuk ‘Filsafat Politik’ Nurcholish Madjid”." Paper PSIK Universitas Paramadina (2007).
  • Gerung, Rocky. "Feminisme versus Kearifan Lokal." Jurnal Perempuan 57 (2008).
  • Gerung, Rocky. "Representasi, Kedaulatan, dan Etika Publik." [27] Jentera Jurnal Hukum 20.5 (2010).
  • Gerung, Rocky. "Feminist Ethics against Stigma of Theocracy-Patriarchy: a Reflection of 2014 Presidential Election." Jurnal Perempuan 19.3 (2014): 175-182.
  • Gerung, Rocky. "Feminist Pedagogy: A Political Position." Jurnal Perempuan 21.3 (2016): 265-271.
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "Sepak Terjang Rocky Gerung di Politik, Ini Gaya Pemikiran + Karier !"

Posting Komentar