5 Fakta Mengenai Seleksi CPNS 2018, Cari ASN Berkualitas hingga Peminat Sampai 4 Juta

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

SIDAMULYANEWS - Bekerja menjadi pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi favorit bagi masyarakat. Terbukti hingga lima hari menjelang penutupan pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018, jumlah pendaftar sudah hampir mendekati 4 juta orang.
Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah pelamar CPNS sudah mencapai 3.826.826 orang. Pelamar yang telah memilih instansi sebanyak 2.457.876 orang, sedangkan yang telah diverifikasi mencapai 514.158 orang.

“Sekarang sudah hampir 4 juta orang yang daftar. Ini sesuai perkiraan kita yakni sampai 5 juta pelamar. Masih ada lima hari pendaftaran,” ungkap Deputi Sistem Informasi BKN Iwan Hermanto di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.

Berikut fakta-fakta terkait seleksi CPNS 2018:

1. Pendaftar hampir mencapai 4 juta orang

Minatmasyarakat untuk mengikuti seleksi CPNS 2018 sangat besar. BKN terus berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem registrasi.
“Perbedaan CPNS 2018 dengan tahun-tahun sebelumnya adalah per mintaan jumlah pelamar yang begitu masif. Saat ini orang bisa melihat instansi mana yang cocok dengan jurusan mereka. Semua sudah terbuka saat ini,” jelas Iwan.

2. Soal tes CPNS 2018 sudah siap
BKN meminta bantuan sarana dan prasarana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk proses penyelenggaraan tes CPNS di daerah. Pasalnya, Kemendikbud mempunyai sarana berupa bangunan sekolah yang dapat dimanfaatkan sebagai tempattes.
“Teknisnya di lapangankan BKN tak mampu tangani makanya kita dapat bantuan dari Kemendikbud,” katanya.

3. Akses portal SSCN terus diperbaiki

Selain itu, lanjut Iwan, BKN terus memperbaiki portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) sehingga semua masyarakat bisa memantau proses seleksi CPNS 2018 secara transparan.

“Jangan sampai salah, BKN yang melaksanakan juga di awasi. Polri sudah siap fullbackup sampai dengan kabupaten kota ya. Tidak ada lagi ruang bagi kecurangan,” tegasnya.
4. BKN janji seleksi CPNS dilakukan secara transparan

Menurut Iwan, BKN menerapkan seleksi CPNS 2018 berdasarkan akuntabilitas dan transparansi. BKN yang melaksanakan rekrutmen CPNS diawasi oleh Ke menpan-RB dan Polri sampai kabupaten kota, dan diaudit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Tidak ada lagi ruang ada orang yang menjanjikan (calo CPNS). Kalau ada hal itu, kami pastikan itu bohong karena semua menggunakan sistem komputer, tambahnya.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan bahwa seleksi CPNS 2018 akan bersih dari praktik calo, apalagi saat ini proses seleksi terintegrasi melalui sistem daring. “Nanti kalau masuk kamu kasih saya ya, padahal orang ini atau calo hanya ngintip saja, di Kodam diintip, CPNS juga sama diintip. Mau masuk bayar, padahal itu omong kosong, semua pakai sistem sekarang,” tegas ma tan Panglima TNI tersebut.

Moeldoko menegaskan, prak tik calo atau orang penjamin agar pe erta masuk CPNS 2018 tidak akan lagi di temukan pada tahun ini. Badan Kepegawain Negara (BKN) juga telah bekerja sama dengan Kepoli sian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk melakukan pengamanan CPNS 2018 itu.

“Nanti kalau kamu sudah masuk, sekarang kamu kasih DP dulu. Bayar ke mana? tidak bisa bayar-bayar mau bayar ke siapa,” tandasnya.

5. Seleksi CPNS 2018 saring ASN berkualitas

Moeldoko juga mengungkapkan komitmen pemerintah untuk memperbaiki birokrasi di Indoensia melaluikualifikasi CPNS yang menghasilkan aparatur sipil negara (ASN) berkualitas. “Kita menerapkan seleksi ini berdasarkan akuntabilitas dan transparansi. Kamu ini diawasi. BKN yang melaksanakan rekrutmen CPNS diawasi oleh Kemenpan RB, oleh BPKP diaudit, bahkan Polri sudah siap backup sampai kabupaten kota. Tidak ada lagi ruang ada orang yang menjanjikan. Kalau ada hal-hal itu, kami pastikan itu bohong karena semua menggunakan sistem komputer,” katanya.
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "5 Fakta Mengenai Seleksi CPNS 2018, Cari ASN Berkualitas hingga Peminat Sampai 4 Juta"

Posting Komentar