Selain Baik Untuk Kesehatan, Inilah Manfaat Kencur Untuk Ayam Aduan/Laga

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

Mungkin banyak dari para penghobi atau botoh ayam laga yang belum mengetahui sebenarnya apa itu kencur, bagaimana bentuknya, serta kegunaannya untuk ayam adu. Oleh karena itu, pada artikel Ayam Laga Indonesia ini ingin memberikan informasi mendalam mengenai kencur terutama berkaitan dengan manfaatnya bagi ayam petarung kesayangan kita. 
Apa itu kencur ?

Kencur merupakan jenis tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Tanaman kencur biasanya tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya tidak terlalu banyak mengandung air. Besar kemungkinan asal dari tanaman kencur ini adalah India, karena disanalah tanaman ini tersebar luas. Meski dikenal sebagai tanaman obat yang  berguna dalam dunia kesehatan, faktanya kencur lebih banyak dijadikan bagian dari berbagai resep masakan tradisional Indonesia.

Disebut sebagai tanaman obat, kencur memiliki kandungan zat – zat yang berguna, yaitu :
  • Mineral
  • Pati
  • Gom
  • Minyak-minyak atsiri: sineol, asam meti kanil dan penta dekaan, etil ester, asam sinamat, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisat, dan alkaloid.
Apa saja manfaat kencur untuk tubuh
  1. 1.      Mencegah penyakit diare
  2. 2.      Obat antibiotik alami
  3. 3.      Mampu meringankan luka pada ayam
  4. 4.      Penambah nafsu makan
  5. 5.      Meningkatkan daya tahan tubuh
  6. 6.      Meningkatkan stamina
Manfaat Kencur Untuk Ayam Aduan

a. Penambah Nafsu Makan Ayam

Jika dibandingkan menggunakan suplemen buatan pabrik, lebih aman anda memanfaatkan kencur sebagai pengganti suplemen penambah nafsu makan untuk ayam.

b. Obat Oles Ayam Setelah Adu

Oleskan parutan kencur pada luka sobek atau memar yang ada pada ayam setelah pertarungan maupun latih uji.

c. Menjaga Stamina Ayam Aduan

Berikan air perasan kencur untuk memulihkan stamina ayam yang kurang prima. Atau bisa juga potongan kencur sebesar biji jagung dan lolohkan ke mulut ayam aduan kesayangan anda. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

d. Pencegah Diare Ayam

Gunakan kencur sebagai pencegahan diare pada ayam bangkok. Apabila ayam mengalami tanda tanda diare seperti kotoran berwarna putih, maka berikanlah kencur ini untuk membantu mengatasi masalah penyakit ini. Kencur dapat membantu mencegah penyakit diare menyerang ayam aduan kesayangan anda.

Berikut kandungan nilai gizi yang terdapat pada kencur:
Demikian informasi yang dapat Ayam Laga Indonesia bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan membantu para penggemar sabung ayam sekalian.
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

1 Response to "Selain Baik Untuk Kesehatan, Inilah Manfaat Kencur Untuk Ayam Aduan/Laga"

  1. bukan hanya untuk ayam aduan om, untuk manusia pun bisa buat menjaga kesehatan

    BalasHapus