7 Cara Menjemur Ayam Aduan yang Benar

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

Cara Menjemur Ayam Aduan Yang Benar,Langkah Menjemur ayam aduan yang Tepat,Cara Menjemur Ayam Aduan yang Benar uNTUK pEMULA,cARA mEMANDIKAN Ayam Yang

Cara Yang Benar Menjemur Ayam Bangkok Aduan

Langkah Menjemur ayam aduan yang Tepat. Setelah kita mengetahui manfaat dari penjemuran ayam aduan, tentu kita ingin mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar dalam melakukan penjemuran. Nah, pada artikel ini saya akan coba mengulas bagaimana cara yang terbaik dalam melakukan penjemuran ayam agar manfaat yang didapat bisa maksimal.

Ok, lansung saja..

Berikut bagaimana cara menjemur ayam aduan dan penjelasanya :

A. Cara memandikan ayam yang benar
Cara memandikan ayam sewaktu ingin menjemur ayam sebetulnya sama saja dengan saat sedang melagakan ayam,. Bedanya, jika saat dilagakan ayam sedikit basah, sedangkan saat proses penjemuran ayam cendrung akan lebih basah, tapi hal ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor cuaca. Jika panasnya terik, ayam bisa dimandikan dengan cukup basah, namun jika tingkat panasnya kurang ada baiknya jangan terlalu basah, hal tersebut akan membuat ayam kedinginan karna bulunya akan kering lebih lama.

Cara memandikan yang baik, langkah awal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan membuang lendir yang ada di tenggorokn si ayam dengan menggunakan bulu. Setelah selseai kita ambil posisi jongkok dengan memegang ayam dengan cara diapit menggunakan kedua kaki, pada posisi ini ayam membelakangi kita. Pertama – tama, saat memulai memandikan ayam dilakukan pada bagian kepala, tundukan kepala ayam tersebut  lalu guyur menggunakan spon kemudian basuh bagian wajahnya dengan menggunakan spon/ lebih baik menggunakan kain lembut.
memandikan ayam, memandikan ayam aduan, memandikan ayam bangkok malam hari, memandikan ayam dengan air hangat, memandikan ayam di malam hari, memandikan ayam aduan malam hari, memandikan ayam malam hari, memandikan ayam saat bertarung, memandikan ayam yang benar, memandikan ayam aduan yang baik, memandikan ayam dengan shampoo, memandikan ayam sebelum diadu, memandikan ayam nyulam, memandikan ayam bangkok dengan air hangat, memandikan ayam sore hari, memandikan ayam adu, memandikan ayam aduan yang benar, memandikan ayam aduan yg benar, memandikan ayam bangkok, memandikan ayam bangkok yang benar, memandikan ayam bangkok umur 5 bulan, memandikan ayam bangkok yang baik, memandikan ayam bangkok dimalam hari, cara memandikan ayam aduan yang benar, teknik memandikan ayam aduan, memandikan ayam bk, cara memandikan ayam bangkok, cara memandikan ayam bangkok aduan, cara memandikan ayam bangkok petarung, cara memandikan ayam bangkok sebelum diadu, video memandikan ayam bangkok, manfaat memandikan ayam bangkok, waktu memandikan ayam bangkok, cara memandikan ayam, cara memandikan ayam aduan yang baik, cara memandikan ayam jago, cara memandikan ayam laga, cara memandikan ayam sebelum bertarung, cara memandikan ayam sebelum diadu, cara memandikan ayam saat bertarung, cara memandikan ayam jalu, cara memandikan ayam tarung, memandikan ayam dengan sampo, memandikan ayam dgn air hangat, cara memandikan ayam dengan benar, cara memandikan ayam dengan baik, cara memandikan ayam di adu, fungsi memandikan ayam, fungsi memandikan ayam adua,
Langkah selanjutnya adalah membasahi seluruh bagian tubuh ayam, mulai dari leher hingga kloaka. Ada baiknya saat membasaihi ayam seluruh kulitnya terkena air. Yang perlu diperhatikan basahi kloaka (anus) beberapa kaili hingga bersih dan jangan lupa basahi juga pentil minyak yang ada di pangkal ekor. Setelah seluruh tubuh sudah dirasa basah, basuh kembali menggunakan spons yang sudah diperas, dan jika spons sudah terasa basah lagi peras kembali dan basuh tubuh ayam hingga kadar airnya tidak terlalu banyak. Yang terakhir, jantur ayam sekitar 10 detik. Ayam siap untuk dijemur.

Jika kita mingin memandikan menggunakan shampoo, lakukanlah seminggu sekali. Penggunaan shampoo dimaksutkan untuk menghilangkan kut dan lebih membersihkan kotoran pada kulit. Namun jika digunakan berlebihan akan merusak bulu nya. Setelah kita memandikan ayam, jangan lupa membersihkan spons yang telah kita gunakan. Dan jangan lupa dikeringkan agar tida ada bakteri atau penyakit yang berkembang disana.

B. Cara jemur ayam aduan yang benar

Penjemuran ayam adalah menjemur/mengeringkan ayam dengan memanfaatkan sinar matahari. Caranya pun sebenarnya cukup mudah, setelah ayam dimandikan kemudian masukan kedalam kandang jemur dan ditempatkan di daerah yang terkena sinar matahari. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses penjemuran ayam aduan agar manfaatnya yang akan kita dapat dapat optimal. 
Berikut tips dalam menjemur ayam aduan :
  • Jemurlah ayam pada pukul 09:00 – 11:00. Sinar matahari sebelum jam 10 memiliki kandungan pro vitamin D inakatif yang diolah dalam tubuh hingga menjdi vitamin D  yang dapat berguna untuk kepadatan tulang dan bulu ayam.
  • Jemur ayam secukupnya saja, hanya sebatas mengeringkan bulu. Menjemur ayam berlebihan dapat merusak metabolisme tubuh ayam dan membuat ayam terlalu ringan (ampang) sehingga menjadi berkurang bobot pukulnya.
  • Untuk ayam yang baru pertama kali perawatan, jemurlah pada pukul 08:00 – 09:00 selama 15 menit. Lakukan penjemuran 8 kali selama 2 minggu setelah itu barulah masuk pada proses penjermuran biasanya.
  • Jika ayam sudah terbiasa dijemur, lakukanlah penjemuran diatas jam 10. Yang dilakukan 6-8 kali dalam sebulan. Penjemuran dapat dihentikan jika ayam sudah ngos – ngosan beberapa saat. Tujuanya agar ayam terbiasa dengan udara panas dan tidak mudah drop saat menghadapi kondisi suhu tersebut. bayangkan jika ayam bertarung pada siang hari dengan panas yang terik, namun tidak terbiasa dengan panas yang tinggi tersebut. apakah itu tidak berpengaruh !?
  • Jika ayam sudah kepanasan sementara bulunya belum kering benar atau waktunya masih terlalu singkat maka gunakananlah penutup yang sedikit menutupi kandang jemur untuk meminilakan suhu panasnya.
  • Selesai penjemuran, bersihkan lendir yang ada pada tenggorokan ayam dan,
  • Jika ayam sudah tidak ngos –ngosanan lagi. Beri minum. Jangan berikan minum saat ayam sedang dijemur, hal itu dapat menyebabkan ngorok pada ayam.
Tag; Melatih Ayam Laga untuk Meningkatkan Stamina,Berjemur bisa memberi manfaat berupa vitamin,8 Manfaat Daging Ayam bagi Kesehatan Tubuh,bisa menguatkan tulang,11 Keistimewaan Berjemur Pagi Hari,7 Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari,kandang jemur ayam besi,ukuran kandang jemur ayam bangkok,kandang ayam bangkok,ayam jago,makanan ayam aduan agar ganas,ayam jago bangkok,Manfaat Lengkap Menjemur Ayam Aduan Setiap Hari,manfaat penjemuran ayam bangkok,cara menjemur ayam bangkok, menjemur ayam aduan,menjemur anakan ayam aduan yang baik dan benar,inilah waktu yang tepat menjemur ayam aduan dewasa - anakan ayam aduan hingga biang atau betina,cara tepat menjemur ayam betina aduan bangkok,cara tepat menjemur anakan ayam aduan,cara menjemur ayam aduan dengan benar,manfaat ayam bangkok mandi sore,menjemur ayam terlalu lama,menjemur ayam sore hari,manfaat air es untuk ayam bangkok,berapa kali sehari memandikan ayam bangkok,manfaat ayam aduan di lap malam hari,cara memandikan ayam aduan di pagi hari,Cara Menjemur Ayam Aduan Yang Benar,Langkah Menjemur ayam aduan yang Tepat,Cara Menjemur Ayam Aduan yang Benar uNTUK pEMULA,cARA mEMANDIKAN Ayam Yang Baik dan Benar,7 tips menjemur ayam aduan terbaik,Cara Menjemur Ayam Bangkok Dengan Benar,Tips dan Cara Menjemur Ayam Bangkok yang Baik dan Benar,Cara dan Manfaat Mandi Jemur Ayam Aduan Jantan,Manfaat menjemur ayam aduan bangkok,menjemur ayam terlalu lama,menjemur ayam sore hari,berapa kali sehari memandikan ayam bangkok,manfaat ayam bangkok mandi sore,manfaat air es untuk ayam bangkok,cara merawat ayam aduan,manfaat menjemur ayam aduan,cara mengobati ayam yang terlalu lama dijemur,makanan ayam aduan agar ganas,resep jamu ayam aduan,jamu ayam bangkok biar pukulan keras,kandang ayam bangkok,obat ayam supaya berani,ayam bangkok f1,ayam bangkok umur 4 bulan yang bagus,ayam bangkok super,kandang jemur ayam besi,
Demikianlah artikel tentang bagaimana menjemur ayam dengan cara terbaik.
Atas perhatianya, terimakasih. Semoga bermanfaat.
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "7 Cara Menjemur Ayam Aduan yang Benar"

Posting Komentar