Cara Merawat (Doc) Ayam Kampung Agar Hasilnya Berkualitas

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

Cara Merawat Anak Ayam Yang Baru Menetas. Penghobi Ayam Laga, Tahukah anda apa itu DOC ?

DOC sendiri merupakan singkatan dari Day old chicken atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan ayam berumur satu hari. tetapi ayam yang dikatakan Doc umurnya sekitar 0 – 14 hari  berat atau bobot dari ayam DOC yang normal rata-rata dikisaran 35-40 gram per ekornya.
DOC (Day Old Chicken) ayam atau ayam yang baru menetas membutuhkan perhatian yang lebih, itu penting dlakukan. Anak ayam yang baru menetas berada pada masa rawan akan kematian ditambah lagi bila kita keliru dalam memberikan perawatan, anak ayam memiliki persentase kematian yang tinggi.

Merawat anak ayam yang baru menetas, sekitar 0-1 bulan tidak bisa dilakukan dengan tanpa perhatian yang cukup. Terdapat trik dan tips yang sangat ampuh untuk anda gunakan dalam merawat ayam agar nantinya ayam tersebut dapat tumbuh dengan baik sebagai ayam laga.

Jika kalian Penasaran dengan tips yang akan di bahas di artikel ini ? teruskan membaca artikel perawatan ayam ini, hhe.

Pemberian Suplemen Pada Anak Ayam Aduan
Bila anda baru saja mendapat anak ayam yang baru menetas dari peternak lain, anda wajib memberikan asupan Sorbitol. Sorbitol adalah suplemen yang berguna untuk membantu mengembalikan tenaga ayam yang menipis akibat perjalanan dari peternak menuju kandang anda, telebih jika jaraknya cukup jauh.

Langkah pemberian asupan ini juga cukup mudah gan, cukup campurkan sorbitol dengan air minum ayam tersebut. untuk cara pemberiannya sudah tertera dengan lengkap saran penyajian pada kemasan sorbitol untuk doc. perlu diingat ya, bahwa suplement ini anda berikan hanya satu kali saja saat ayam baru sampai dari perjalanan panjang.

Memberikan Antibiotik Kepada Anak Ayam Doc Umur 3 – 5 Hari
Setelah ayam berada pada umur 3 – 5 hari, maka setiap hari anda wajib memberikan suplemen apasaja, salah satunya yang bernama Agrixin Solution yang tersedia di toko polutry terdekat. Obat ini saya sering gunakan untuk mencegah berbagai jenis penyakit infeksi terhadap ayam. Cukup membantu gan tentunya.

Memberikan suplemen ini bisa kita bilang mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan suplemen tersebut di air minum ayam. Untuk masalah dosis, anda bisa melihatnya dalam kemasan tersebut. Berikan obat antibiotik ini selama 6 hari penuh setiap pagi ataupun menjelang siang hari. Di sore hari, anda bisa memberikan vitamin pendukung seperti Agriminovit yang teratur, untuk pemberiannya juga sama dengan petunjuknya.

Selain dari vitamin serta obat – obatan, anda tentu harus memberikan asupan dengan kandungan gizi yang tinggi. Untuk dapat bibit ayam aduan yang sehat dan berkualitas, tentu anda harus ekstra memberikan perawatan kepada ayam tersebut. Apalagi masuk ke malam hari, anak ayam tentu akan membutuhkan penghangat agar tidak kedinginan. Anda bisa memberikan sebuah lampu pemanas agar suhu disekitar ayam stabil.

Demikian artikel kali ini dibuat tentang cara merawat doc ayam yang penulis ketahui, semoga artikel ini mampu menjawab pertanyaan kalian tentang cara merawat doc ayam adu. Salam sukses.
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "Cara Merawat (Doc) Ayam Kampung Agar Hasilnya Berkualitas"

Posting Komentar