Khasiat serta Manfaat Asam Jawa & Gula Merah untuk Ayam Bangkok Aduan

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

Khasiat Asam Jawa dan Gula Merah untuk Nafas Ayam. Asam jawa dan gula merah adalah kombinasi yang sempurna untuk memperbaiki pernafasan ayam yang masih jelek, terlihat ngosngosan atau ngorok saat di tarungkan. Nafas yang buruk dari ayam aduan akan menyebabkan tidak maksimalnya saat bertarung terlebih lagi bisa berakibat ayam tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Meskipun secara fisik ayam tersebut sudah cukup ideal.
Dalam sebuah kasus yang pernah dialami dari ayam yang memiliki nafas yang jelek adalah perubahan gaya main yang menjadi ngoyor (umumya), grusak grusuk(tergesa-gesa), bermain renggang, bermain lambat, dan sering tersedak. Nafas ayam yang jelek ini umumnya terjadi pada ayam bertipe teknik karna membutuhkan kecepatan dalam bergerak dan juga ayam muda yang baru ditarungkan. Ayam yang memiliki nafas yang jelek akan terlihat ngosngosan meskipun tidak ditarungkan dan hanya terkena cuaca yang panas.

Ada beberapa suplemen dan jamu yang bisa digunakan meningkatkan nafas ayam bangkok. Namun gula merah dan asam jawa adalah bahan yang paling mudah kita temui dan biasanya sudah tersedia didapur.  Untuk manfaatnya sendiri, khasiat asam jawa dan gula merah untuk nafas ayam sangat manjur untuk menangani masalah nafas ayam ini.

Dikatakan sangat manjur karna memang benar benar manjur. Dua minggu lalu sebelum menulis artikel ini, penulis juga mengalami masalah ayam yang mengalami pernafasan yang jelek. Pertama di abar ayam sangat ngosngosan saat bertarung dan kesulitan meladeni musuhnya. Ayam yang semula bermain tehnik menjadi ngoyor dan renggang. Namun setelah rajin menggunakan asam jawa dan gula jawa untuk memperbaiki nafas ayam. Selanjutnya,  Saat ditarungkan kembali ayam bermain lebih baik seiring dengan membaiknya sistem pernafasan ayam tersebut.

Asam jawa, jika dikonsumnsi akan meminimalkan lendir yang ada di telih ayam dan dibawa menuju usus. Akan tetapi dengan penggunaan asam jawa ini memiliki efek menurunkan tekanan darah dan menyusutkan badan. Oleh karna itu, asam jawa ini dipadukan dengan gula merah yang menutupi efek dari asam jawa. Gula merah adalah bahan tradisional yang kaya akan kalori serta zat-zat lain yang sangat bermanfaat untuk ayam aduan. Kandungan sodium, karbohidrat, kilojoule, dan kalori berkhasiat dalam menjaga stamina dan memenuhi kebutuhan energi ayam laga.

Cara Pemberian Gula Merah dan Asem Jawa
Untuk pemberian gula merah dan asam jawa untuk memperpanjang nafas adalah setiap hari. Pemberiannya adalah saat ayam hendak dimandikan dan di jemur pada sinar matahari dipagi hari… Berikan secukupnya. Jika nafas ayam sudah benar benar jadi, gunakan gula merah asen sesekali saja.

Demikanlah artikel tentang kegunaan gula merah untuk memperpanjang nafas ayam aduan kesayangan anda. Semoga bermanfaat apa yang telah dibaca dapat menambah wawasan anda merawat ayam aduan.

Terimakasih…Salam Guyub !!
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "Khasiat serta Manfaat Asam Jawa & Gula Merah untuk Ayam Bangkok Aduan"

Posting Komentar