3 Manfaat Madu Untuk Ayam Aduan Bangkok

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

Manfaat Madu Untuk Ayam Aduan/Laga. Lebah madu adalah salah satu mahluk yang menggambarkan kebesaran dari Yang Maha Kuasa  dunia ini. Bayangkan, dalam 1 hari seekor lebah mampu mengumpulkan nektar yang diambil dari 250.000 tangkai bunga dan untuk dapat menghasilkan 1kg madu lebah harus melakukan 81.400 kali penerbangan atau sama dengan jarak 1.056.000 km.
Khasiat/Manfaat Madu Untuk Ayam Bangkok Aduan
Hal ini sungguh membuktikan  betapa besarnya energi madu, baik madu itu sendiri maupun cara pembuatanya.

Journal of Applied mempublikasikan penelitian lai :

Physiology menunjukkan indeks glisemik madu yang rendah dapat mengurangi resiko kekurangan gula (hipoglikemi) saat latihan dan meningkatkan persediaan karbohidrat selama latihan. Indeks glisemik adalah ukuran kecepatan penyerapan karbohidrat serta kemampuan karbohidrat untuk menaikkan konsentrasi glukosa darah dalam waktu tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa madu sangat baik dikonsumsi terutama untuk aktivitas yang menuntut stamina tinggi .Secara umum madu berkhasiat untuk menghasilkan energi, meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina.

Sejauh ini penggunaan madu sebagai tonikum atau penguat tenaga ayam didasarkan atas pengalaman sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mendapat data ilmiah mengenai efeknya sebagai tonikum( Pemulih Atau penambah tenaga). Hasil ini diharapkan dapat digunakan sebagai data preklinis ilmiah yang melandasi penggunaan madu sebagai tonikum.

Uraian tentang madu
Dalam pengertianya madu adalah cairan alami yang umumnya memiliki rasa manis, dihasilkan oleh lebah madu yang dibuat dari sari bunga tanaman , atau bagian lain dari tanaman atau ekskresi serangga yang berkhasiat dan bergizi tinggi.

Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor,belerang, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Disamping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng serta beberapa jenis hormon .
  • Menilik Kualitas madu : Untuk mengukur seberapa baiknya Kualitas madu dapat ditentukan oleh beberapa hal diantaranya waktu pemanenan madu, kadar air, warna madu, rasa dan aroma madu. Waktu pemanenan madu yang baik harus dilakukan pada saat yang tepat, yaitu ketika madu telah matang dan sel-sel madu mulai ditutup oleh lebah. Selain itu kadar air yang ada dalam madu juga sangat berpengaruh terhadap kualitas madu. Madu yang baik adalah yang mengandung kadar air dikisaran 17-21 %.
  • Manfaat madu untuk ayam : Dalam upaya menjaga kesehatan ayam, madu berhasiat untuk menghasilkan energi dan memulihkan tenaga ayam terutama ayam yang keleahan, lemas dan tidak bertenaga. Ayam yang diberi madu pun akan meningkat daya tahan tubuhnya dan dapat meningkatkan stamina ayam tersebut.
  • Efek madu pada ayam : Penambah stamina ini kemungkinan disebabkan oleh nutrisinya yang lengkap dan merupakan penghasil energi yang unik bagi manusia mau pun ayam aduan.
Madu sebagai sumber energi dan nutrisi dibuktikan dengan jumlah energi yang dikandungnya, yaitu 3280 kilokalori/kg madu yang setara dengan 50 butir telur ayam, 5,7 liter susu, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4 kg kentang dan 1,68 kg daging (Suranto, 2007).

Oleh karna itu, Sebagian besar botoh menyarankan madu sebagai asupan untuk ayam yang akan berlaga.

Alasannya  yaitu karna madu mudah dicerna, hal ini dikarenakan karbohidrat yang terkandung dalam madu sudah dicerna terlebih dahulu dalam pencernaan lebah ketika masih berupa nektar. Oleh karnanya, madu sangat cocok untuk ayam yang menjalani pertarungan karna  madu dapat segera dikonversikan menjadi energi . Selain itu, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit.

Untuk pemberianya, biasanya madu diberikan dengan dicampurkan dengan air hanggat sebelum ayam bertanding.

Ada sebagian botoh juga menggunakan madu untuk rawatan sehari – hari, dengan memberikan 1 sendok the setiap harinya setelah ayam dilatih.

Demikianlah artikel tentang manfaat madu untuk ayam aduan ini saya buat. Semoga dapat berguna untuk para penghobi ayam laga tanpa terkecuali.
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "3 Manfaat Madu Untuk Ayam Aduan Bangkok"

Posting Komentar