Delapan Manfaat Dalam Penjemuran Ayam Aduan, Sesuai Umur!!!

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

Melatih Ayam Laga untuk Meningkatkan Stamina,Berjemur bisa memberi manfaat berupa vitamin,8 Manfaat Daging Ayam bagi Kesehatan Tubuh,bisa menguatkan t
Inilah Manfaat Menjemur Ayam Bangkok yang Luar Biasa Sesuai Umur!!!

Salam hangat satu hobi para penikmat ayam laga nusantara, dikesempatan kali ini saya akan membahas mengenai manfaat dari menjemur ayam aduan dari apa yang saya pelajari yang mudah mudahan berguna bagi sahabat – sahabat semua. Tapi sebenarnya Apa itu menjemur ayam ? sama seperti pakaian, penjemuran adalah melakukan proses mengeringkan dengan menggunakan tenaga matahari, namun dalam pembahasan ini objeknya adalah mahluk hidup.

Untuk itu tentu ada aturan dalam prosesnya. Untuk mengeringkan/menjemur sesuatu, tentu objeknya harus dalam keadaan basah. Maka dalam menjemur ayam melalui proses memandikan ayam.  Penjemuran biasanya dilakukan pada pagi hari hingga siang hari tepatnya pada pukul 08:00 – 12:00, atau kapan saja selagi ada sinar matahari. 

Namun, yang lebih baik penjemuran dilakukan pada pagi hari karna pada saat tersebut matahari mengandung vitamin D yang berguna bagi mahluk hidup, termasuk ayam. Biasanya proses menjemur ayam dilakukan kurang dari 2 jam. 

Manfaat menjemur ayam bangkok

Ada banyak manfaat dengan melakukan penjemuran pada ayam kesayangan yang kita miliki. Penjemuran pada ayam bangkok adalah perawatan dasar yang umum dilakukan oleh para penghobi ayam laga. Coba pikirkan sejenak mengapa penjemuran saya katakan dasar perawatan ???. tepat, tujuan penjemuran adalah untuk  meningkatkan kebugaran ayam.

Dengan begitu, ayam tersebut akan siap menghadapi proses perawatan selanjutnya yang akan kita terapkan. Ayam yang siap untuk dilakukan perawatan haruslah memiliki dalam kondisi yang fit, kesiapan fisik, stamina, bentuk badan yang ideal, ketahanan fisik yang baik. Sehingga nantinya proses perawatan yang kita lakukan akan lebih optimal hasilnya. Akan tetapi dengan catatan, ayam yang akan dilakukan proses penjemuran tidak dalam keadaan sakit.

Untuk lebih memahami tentang manfaat dari penjemuran ayam Bangkok, adalah sebagai beikut :
  • Memperpanjang nafas ayam - menjemur ayam aduan dapat melatih pernafasan. Efek suhu yang panas akan meningkatkan kerja paru-paru dan jantung lebih cepat, ayam yang senantiasa dijemur akan terbiasa dengan keadaan suhu panas tersebut sehingga nafasnya akan tetap stabil saat menghadapi kondisi kritis (panas). Pernafasan inilah salah satu ketahanan fisik yang diperlukan dalam pertarung ayam di arena.
  • Meningkatkan ketahanan tubuh ayam - dengan menjemur ayam aduan dapat membuat ayam aduan jadi tahan terhadap cuaca yang ekstrim, karna telah terbiasa dengan suhu badan yang dingin maupun panas.
  • Memperkokoh tulang ayam - vitamin D yang didapat dari sinar matahari pagi berkhasiat memperpadat struktur tulangan ayam aduan sehingga lebih kuat dan kokoh. Tulang yang kuat dan kokoh membuat yam tahan terhadap pukulan saat menjalani sebuah pertarungan.
  • Membentuk tubuh ideal ayam - menjemur juga berguna untuk menghilangkan timbunan lemak yang ada di bawah kulit dan juga mengencangkan kulit,  otot-otot pun ikut menjadi kencang.
  • Mengurangi lendir pada ayam - Dengan melakukan penjemuran berkala akan mengerangi lendir yang ada pada tenggorokan ayam, terutama jika lendir tersebut mengandung bakteri/virus nyang biasanya menyebabkan ngorok. Dengn catatan, jangan beri minum saat ayam sedang ngos – ngosan. Hal tersebut justru berakibat sebaliknya. Oleh karna itu berikan minum saat nafas ayam sudah normal. Dan jangan lupa untuk dibesihkan tenggorokanya atau dikorok.
  • Memperlancar peredaran darah pada ayam - Dengan melakukan penjemuran dipagi hari dapat memperlancar peredaran darah pada ayam. Hal ini ditandai dengan kulitnya yang memerah
  • Meningkatkan metabolisme pada tubuh ayam - Menjemur juga dapat meningkatkan metabolism pada ayam  sehingga ayam tidak mudah terserang penyakit.
  • Membunuh kuman dan bakteri pada ayam - Sinar matahari yang didapat dari proses penjemuran dapat membunuh kuman-kuman penyakit yang masih menempel pada bulu dan bagian tubuh lainya sehingga ayam merasa segar dan nyaman dan tidak mudah stress.
Bagaimana sahabat sekalian, dengan mengetahui manfaat – manfaat dari menjemur ayam bangkok tentu anda setuju bahwa penjemuran wajib dilakukan dalam merawat ayam aduan bukan.!?? 

Tag: Melatih Ayam Laga untuk Meningkatkan Stamina,Berjemur bisa memberi manfaat berupa vitamin,8 Manfaat Daging Ayam bagi Kesehatan Tubuh,bisa menguatkan tulang,11 Keistimewaan Berjemur Pagi Hari,7 Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari,kandang jemur ayam besi,ukuran kandang jemur ayam bangkok,kandang ayam bangkok,ayam jago,makanan ayam aduan agar ganas,ayam jago bangkok,Manfaat Lengkap Menjemur Ayam Aduan Setiap Hari,manfaat penjemuran ayam bangkok,cara menjemur ayam bangkok, menjemur ayam aduan,menjemur anakan ayam aduan yang baik dan benar,inilah waktu yang tepat menjemur ayam aduan dewasa - anakan ayam aduan hingga biang atau betina,cara tepat menjemur ayam betina aduan bangkok,cara tepat menjemur anakan ayam aduan,cara menjemur ayam aduan dengan benar,manfaat ayam bangkok mandi sore,menjemur ayam terlalu lama,menjemur ayam sore hari,manfaat air es untuk ayam bangkok,berapa kali sehari memandikan ayam bangkok,manfaat ayam aduan di lap malam hari,cara memandikan ayam aduan di pagi hari,Cara Menjemur Ayam Aduan Yang Benar,Langkah Menjemur ayam aduan yang Tepat,Cara Menjemur Ayam Aduan yang Benar uNTUK pEMULA,cARA mEMANDIKAN Ayam Yang Baik dan Benar,7 tips menjemur ayam aduan terbaik,Cara Menjemur Ayam Bangkok Dengan Benar,Tips dan Cara Menjemur Ayam Bangkok yang Baik dan Benar,Cara dan Manfaat Mandi Jemur Ayam Aduan Jantan,Manfaat menjemur ayam aduan bangkok,menjemur ayam terlalu lama,menjemur ayam sore hari,berapa kali sehari memandikan ayam bangkok,manfaat ayam bangkok mandi sore,manfaat air es untuk ayam bangkok,cara merawat ayam aduan,manfaat menjemur ayam aduan,cara mengobati ayam yang terlalu lama dijemur,makanan ayam aduan agar ganas,resep jamu ayam aduan,jamu ayam bangkok biar pukulan keras,kandang ayam bangkok,obat ayam supaya berani,ayam bangkok f1,ayam bangkok umur 4 bulan yang bagus,ayam bangkok super,kandang jemur ayam besi,

Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "Delapan Manfaat Dalam Penjemuran Ayam Aduan, Sesuai Umur!!!"

Posting Komentar