Pengoptimalisasi Potensi SDM Desa Neglasari

Promo Spesial and Free Ongkir

Baca Juga

SIDAMULYANEWS - Desa Neglasari Kecamatan Jatiwaras sudah sejak lama terkenal dengan sentra buah manggis dan durian. Namun hasil produksi pertanian tersebut belum bisa mengangkat derajat ekonomi para petaninya.
Kesejahteraan para petaninya sendiri masih perlu perhatian. Dengan potensi Sumber daya alam yang melimpah ruah disebuah daerah, dengan pengelolaan serius dan menyatukan persepsi tentunya akan menghasilkan PAD yang besar.

Sekdes Neglasari Darso Rachman mengakui bahwa didaerahnya sangat potensial dibidang pertanian khususnya sentra buah manggis dan durian, sejauh ini pemanfaatan pada sumber daya alam didaerahanya belum optimal, masih banyak peluang-peluang didaerahnya untuk meningkatkan PAD terutama pada sektor pertanian berkaitan dengan Sumber Daya Alam.

Guna mengoptimalkan potensi didaerahnya belum lama ini Desa Neglasari secara lebih serius terus membidik peluang tersebut dengan mengkonsentrasikan pada pemberdayaan sumber daya manusia.

Seperti belum lama ini guna kepentingan daerahnya beberapa perangkat beserta lembaga yang ada di Desa Neglasari melakukan study banding ke Majalengka.

Tambah Darso mengutarakan sekilas tentang daerah Majalengka yang merupakan salah satu daerah yang maju dimana Kabupaten Majalengka telah berhasil meningkatkan PADnya dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam dan pembinaan pada Sumber Daya Manusianya.

Ditambahkan Aco (panggilan akrab) mengatakan ( 30/10), PAD Majalengka pertahunnya sangat besar hingga mencapai Rp. 357 juta.

“mereka secara serius memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam didaerahnya, ungkapnya dikantor. Study banding para perangkat Desa dan Lembaga yang ada di Desa Neglasari sebanyak 98 orang ke Kab. Majalengka merupakan salah satu langkah nyata dalam menyatukan sebuah persepsi guna pengoptimalan secara lebih serius untuk potensi yang ada di Desa Neglasari.

Bukan hanya itu saja. Ditahun sekarang Desa Neglasari lebih terkonsentrtasi pada bidang pemberdayaan Ekonomi masyarakat termasuk salah satunya dengan mengadakan berbagai kegiatan dan pelatihan.

Salah satu pelatihan khusus bagi Aparatur Desa sebanyak 2 kali yang digelar di Bale Desa Neglasari dan pelatihan bagi kelompok tani ternak kambing Kampung Nangela. Sembari merincikan pengalokasian DD (Dana Desa) 2016 yang diterima Desa Neglasari.

Aco menambahkan guna pengoptimalan potensi didaerahnya Angaran Dana Desa sebagian terkonsentrasi pada pemberdayaan ekonomi masyarakat semisal, pemberdayaan ekonomi petani ternak ayam petelur yakni di kampung Garunggang, kamp.

Karangsari dan Kampung Nangela dan selebihnya bidang fisik , yakni pembangunan posyandu di 2 titik dan pembangunan jalan rabat beton. (RED)
Artikel Terkait Lainnya :

Masukkan Email Anda Untuk Menjadi Pengunjung Premium Kami

Kontribusikan Moment Kalian Disini !!!

0 Response to "Pengoptimalisasi Potensi SDM Desa Neglasari"

Posting Komentar